Dua Cara Mengembalikan SMS Yang Terhapus di HP Nokia Jadul Tanpa Ribet

Anda pernah memakai HP Nokia jadul? Tentunya sayang bukan jika dibuang begitu saja kalau masih bisa digunakan. Apalagi jika HP tersebut menyimpan banyak kenangan. Misalnya kenangan saat masih pendekatan dengan pasangan atau SMS dengan kawan-kawan lama yang kini sudah terpisah oleh jarak. Tapi biasanya karena HP lama hanya muat penyimpanan sedikit, kita biasanya menghapus pesan-pesan lama. Nah, Anda jangan khawatir, karena ada cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Nokia jadul. Penasaran bagaimana caranya?

x plore manager
Baca Juga : Cara Melihat Pesan BBM Yang Sudah Dihapus, Bisakah?

Setidaknya ada dua cara mengembalikan SMS yang telah dihapus di HP lama. Pertama adalah dengan bantuan software dan alat bernama simcard reader. Cara ini bisa memanggil kembali SMS yang sudah terhapus. Simcard reader bisa mengakses semua data yang tersimpan pada simcard, termasuk data yang sudah terhapus dengan atau tidak sengaja. Asalkan simcard Anda masih simcard yang lama dan belum pernah ganti, tentunya data SMS yang terhapus masih bisa dipulihkan kembali. 

Cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Nokia jadul melalui membaca kembali isi simcard dengan bantuan software dan simcard reader cukup dengan memasukan simcard ke dalam simcard reader, sambungkan dengan perangkat komputer dan instal software yang khusus untuk membaca isi simcard. Mudah bukan? Namun apabila SMS tersebut ada dalam HP, maka Anda bisa mencoba cara berikutnya. Syaratnya adalah HP Nokia jadul Anda adalah menggunakan basis operasi symbian. Selain HP nokia jadul, HP jenis symbian lainnya pun bisa.

Jenis sistem operasi symbian ini digunakan pada HP-HP lama sebelum munculnya Smartphone Android. Nah, cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP symbian adalah dengan membuka aplikasi File Manager. Apabila terdapat fasilitas Hex viewer, maka silakan menginstal X-Plore. Setelah itu bukalah folder mail yang ada di dalam folder system. Jika Anda tidak melihat dimana terdapat folder system, maka masuklah ke Menu, pilih Tools, Configuration. 

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah mencari folder system dan folder mail. Silakan dieksplorasi sendiri pada isi folder tersebut, karena semua pesan masuk maupun pesan keluar yang pernah dilakukan atau diterima ponsel tersebut bisa Anda temukan disana. Namun untuk membacanya Anda harus memilih file, masuk ke me Hex Viewer. Barulah SMS-SMS tersebut bisa dibaca kembali. Periksalah apakah ada SMS yang Anda butuhkan atau tidak. 

Nah, cara mengembalikan SMS yang terhapus di HP Nokia jadul tidak sulit bukan? Anda bisa memilih akan menggunakan cara yang mana dari kedua cara yang disebutkan diatas. Pastinya banyak kenangan yang bisa Anda simpan kembali dari HP lama Anda. Buat Anda yang senang gonta-ganti handphone, harus mulai berhati-hati. Karena mungkin saja ada orang iseng yang bisa membaca pesan-pesan masuk dan keluar di HP yang sudah Anda jual. Bahaya kan, jika isi pesan-pesan Anda diketahui orang lain?