Cara Melihat Pesan BBM Yang Sudah Dihapus, Bisakah?

Penggunaan BBM saat ini menjadi salah satu media komunikasi yang cepat dan efektif. BBM tidak hanya digunakan untuk kepentingan yang bersifat pribadi saja, namun juga bisa digunakan untuk komunikasi dalam bekerja. Percakapan via BBM terkadang kita butuhkan sebagai pengingat hal penting yang harus dilakukan. Namun bila pesan percakapan BBM terhapus maka akan cukup merepotkan. Namun demikian, kita bisa mencari cara melihat pesan BBM yang sudah dihapus agar bisa membacanya kembali.

mengembalikan pesan bbm terhapus
Baca Juga : Cara Pemesanan Mobil Tata Nano Mewah Termurah di Indonesia

Pesan-pesan penting dalam percakapan melalui aplikasi sosial media seperti BBM memang kadang tidak disimpan. Karena kita berpikir bahwa percakapan tersebut masih bisa dilihat kembali kapan saja. Namun apabila terjadi error pesan BBM yang ada pun bisa saja hilang. Karena itu akan lebih baik jika Anda menyimpan backup pesan BBM Anda. Terutama jika Anda memiliki sebuah toko online, dimana berbagai transaksi jual beli, pesanan pelanggan, nomor kontak, nomor rekening dan lain sebagainya tentu menjadi informasi yang penting.

Untuk mendapatkan kembali pesan yang sudah dihapus, kita bisa melakukan restore history BBM. Restore ini bisa dilakukan untuk melakukan pencarian kembali data percakapan yang telah terhapus pada perangkat yang kita gunakan untuk menjalankan BBM. Pesan yang sengaja dihapus atau tidak sengaja akan bisa direcovery dengan sempurna. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk melihat kembali pesan yang telah dihapus.
  • Masuk dan buka aplikasi BBM yang kita miliki lalu klik menu, kemudian pilih setting atau pengaturan. Lalu centang pada “Simpan Riwayat Obrolan”.
  • Pilih spesifikasi kontak yang akan kita recovery untuk membuka kembali percakapan yang pernah dilakukan. 
  • Setelah menemukan kontak, cara melihat pesan BBM yang sudah dihapus adalah dengan tekan simbol BBM kemudian kita bisa pilih pada riwayat obrolan. Pada “Riwayat Obrolan”, lalu pilih waktu obrolan yang ada. 
Mendapatkan kembali percakapan yang dilakukan pada BBM dengan cara restore history BBM bisa kita lakukan sendiri karena mudah dilakukan. Untuk mengambil data yang telah dihapus juga bisa menggunakan software ataupun aplikasi khusus. Namun hal itu bisa dilakukan apabila cara praktis tidak bisa digunakan. Karena itu, sebelum kita menggunakan cara yang rumit, akan lebih baik bila kita menggunakan cara yang lebih sederhana terlebih dahulu. 

Demikian cara melihat pesan BBM yang sudah dihapus, tidak sulit bukan? Untuk menghindari kehilangan data atau informasi penting sebaiknya lakukan cara antisipasi seperti backup pesan atau dengan cara screenshoot pesan tersebut dan menyimpan filenya dalam folder lain. Tentunya ini akan berguna untuk mengecek history percakapan, terutama jika Anda mengelola sebuah usaha penjualan online. Walaupun cukup ribet namun jika Anda terbiasa maka cara mengelola dan merapikan informasi ini akan sangat bermanfaat.